Terukur dan Teratur

Bagi penyuka kisah detektif tentu tidak asing dengan tokoh Hercule Poirot karangan dari Dame Agatha Mary Clarissa Christie, atau yang lebih dikenal dengan Agatha Christie. Dalam novel fiksi detektif tersebut kita akan dipertemukan dalam kisah dengan teka-teki yang tidak sekedar sulit untuk dipecahkan, namun juga perlu ketelitian untuk memecahkannya.

Ciri khas Poirot adalah berperawakan kecil, kepalanya berbentuk telur, dan yang paling khas adalah kumis mirip sakera yaitu kumis hingga ke pipi dan menjulang ke atas. Untuk pakaian Poirot cenderung berdandan rapi dan necis. Karena obsesinya akan kerapian dan keteraturan sangat tinggi, tak jarang Poirot mengkritik orang lain yang memakai dasi dengan miring.

Dan tokoh utama Poirot, sang detektif, selalu dapat memecahkan misteri berkat ketelitian dan sifat OCD yang menjadikan dia sosok yang terukur dan teratur.

Seiton (Setting in order / rapi) adalah langkah ke-2 dari aktivitas 5S yang merupakan kegiatan menata tata letak barang, ruangan, peralatan dan perlengkapan kerja dengan rapi sehingga memudahkan untuk mencari, mudah untuk menemukan dan mudah untuk mengembalikan dan segalanya selalu siap pada saat diperlukan.

Sumber foto : https://www.jll.co.id/en/trends-and-insights/

Contoh untuk membayangkan rapi sebagai langkah dalam 5S adalah misalnya tempat parkir dan perpustakaan. Bayangkan jika mobil di tempat parkir dan buku di rak perpustakan tidak ditata dengan baik, maka akan banyak mobil dan buku yang tidak tersusun.

Sumber foto : https://www.reddit.com/r/oddlysatisfying/

Ada 3 langkah dalam penataan, yaitu yang pertama kita tentukan tempat untuk menyimpan barang secara tepat. Kedua tentukan bagaimana cara menyimpan barang tersebut. Dan yang ketiga adalah mentaati aturan tersebut.

Kemudian yang tidak kalah penting setelahnya adalah pengkajian efisiensi. Yaitu seberapa cepat kita dapat menemukan barang tersebut saat akan diperlukan. Jika memakan waktu lama, lakukan analisis mengapa bisa begitu lama.

Untuk mempercepat dalam pencarian, beberapa hal yang bisa kita lakukan misalnya, memberi nama resmi pada barang tersebut, karena akan memakan waktu jika terdapat 1 barang mempunyai 2 nama. Kemudian selain nama yang tidak kalah penting adalah lokasi yang tergambar pada sketsa di sebuah papan.

Selain itu tips untuk mempercepat pencarian adalah kita kelompokkan barang berdasarkan fungsi atau produk atau proses atau yang lainnya.

Penataan berarti menyimpan barang namun dengan tetap memperhatikan efisiensi, mutu dan keamanan serta mencari cara penyimpanan yang optimal. Untuk itu harus dilakukan secara terukur dan teratur. Karena dengan kerapian dan keteraturan yang sangat tinggi maka hal ini dapat menghilangkan pemborosan waktu dalam mengambil  dan menyimpan barang.

Detektif Poirot memang menyukai keteraturan bahkan sangat tergila-gila kepada kerapian dan kebersihan. Dia tidak akan segan-segan segera mengambil sikap untuk membetulkan atau meluruskan sesuatu yang dianggapnya tidak teratur.

Namun jangan sampai kita menderita OCD atau Obsessive-compulsive Disorder, yaitu gangguan mental yang menyebabkan seseorang memiliki pikiran obsesif, perilaku kompulsif (paksaan), atau keduanya. Memang gangguan psikologis ini yang sering disalahartikan sebagai orang yang sangat menyukai keteraturan atau sangat menyukai kebersihan.

Untuk lakukan dengan terukur dan teratur, tapi jangan sampai tersungkur.

Sumber foto : https://riliv.co/rilivstory/

Salam sehat dan salam improvement.

09.12.2020

Taufan Yanuar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *